3 Langkah yang Perlu Diperhatikan Dalam Cetak Novel

Kini dunia literasi dan sastra semakin marak digandrungi. Kesadaran tulis-menulis sudah bermunculan di jiwa penerus Bangsa. Mulai banyak pemuda-pemudi yang meluangkan waktu untuk membaca buku, menganalisa fenomena, berimajinasi, berdiskusi dan menulis buku. Organisasi maupun komunitas literasi menjadi ramai diminati. Diklat-diklat yang diadakan penulis senior pun sudah menyebar. Bahkan para penulis muda sudah berani mengepakkan sayap untuk membuat acara semacam lounching buku. Bukan hanya itu, tokoh-tokoh novelis baru pun sudah menampangkan karirnya.


Kesuksesan para penulis pemula pun harus terus didukung. Agar ke depan banyak menelurkan generasi yang berliterasi dan produktif dengan berbagai karya kreatif. So, akan mengharumkan nama Indonesia. Agar para penerus tidak hanya sekedar menjadi pengikut. Tetapi, juga menjadi tokoh melalui karyanya yang diikuti. Untuk menyukseskan karya buku seorang penulis perlu dihadirkan berbagai unsur. Proses penulisan menjadi hal utama yang perlu diseriusi. Namun, di samping itu agar karya dapat dimiliki oleh para pembaca perlu melakukan cetak novel. Nah, di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencetak karya.

      1.   Sistem Mencetak Karya

Dalam mencetak sebuah karya terdapat dua sistem yakni cetak banyak dan cetak POD (Print on Demand). Cetak banyak dilakukan para penulis dengan mencetak karya dalam jumlah ratusan untuk langsung dialokasikan pada toko buku. Sedangkan cetak POD adalah cetak buku disaat ada orang yang ingin order. Biasanya cetak POD dilakukan oleh para penulis yang menerbitkan karyanya di penerbit indie dan menjualnya secara online. Jadi, Anda mau pilih mana? Jika modal Anda tidak terlalu banyak, lebih baik cetak POD. Namun jika memiliki dana lebih, orderan banyak, dan alokasi pemasaran yang strategis lebih baik cetak banyak.

      2.   Memilih Kerjasama Percetakan yang Bertanggungjawab dan Bersahabat

Sebagai seorang penulis awal Anda perlu menggandeng jasa percetakan yang bertanggungjawab dan bersahabat. Agar terjalin komunikasi kerjasama yang nyaman dan saling menguntungkan.

      3.   Alokasi Pemasaran Karya Jika Sudah Dicetak

Tentukan market place dalam memasarkan karya Anda. Karena ini berkaitan dengan karya Anda dapat diakses oleh para pembaca. Anda bisa menjualnya di toko buku offline maupun online, membuat website sendiri, atau memasarkan melalui sosial media.

Demikianlah yang perlu diperhatikan bagi para penulis untuk dapat Cetak Novel nya secara efektif. Nah, sekarang saatnya Anda berjabat tangan dengan jasa percetakan terpercaya untuk mewujudkan impian. Mencetak karya Anda untuk diekspos kepada para Pembaca. WWW.UPRINT.ID, jawabannya untuk kerjasama percetakan karya Anda.
Previous
Next Post »